Cara mengolah Martabak manis (lembut) resep baru Sedap

Martabak manis (lembut) resep baru. Resep Martabak Manis – Martabak manis merupakan salah satu makanan kudapan populer di Indonesia. Martabak manis ini dibeberapa daerah disebut terang bulan. Makanan yang pada awanya dijajakan dipinggir jalan, kini menjadi satu kudapan yang menawarkan berbagai variasi dan seringkali.

Martabak manis (lembut) resep baru Kalau resepnya tepat, dijamin hasil martabak manismu bakal oke. Coba deh praktikkan sendiri di rumah dengan resep martabak manis dan cara membuatnya yang begitu lembut. Inilah resep martabak manis untuk jualan. Kamu bisa masak Martabak manis (lembut) resep baru menggunakan 8 bahan dan 11 langkah. Berikut panduan bagaimana Mom melakukannya.

Bahan Martabak manis (lembut) resep baru

  1. Anda Perlu 200 gr tepung terigu serbaguna.
  2. Anda Perlu 350 ml air.
  3. Siapkan 3 sdm gula pasir.
  4. Siapkan 1 kuning telur.
  5. Siapkan 1/2 sdt baking soda.
  6. Anda Perlu 1/2 sdt baking powder.
  7. Siapkan filling:keju,kacang,coklat meises.
  8. Anda Perlu olesan:butter/margarin.

Dinamakan martabak bangka memang asal muasal penganan baru ini berasal dari pulau bangka dan asal tahu saja bahwa disana Mudah bukan resep cara membuat martabak manis. Tentang isi martabak maka anda dapat memilihnya sesuai selera. Martabak Manis adalah jajanan yang sering kita jumpai di gerobak-gerobak pinggir jalan dan senantiasa ramai apabila waktu malam hari dalam bentuk gerobak franchise. Martabak Manis alias Terang Bulan dari Bandung dapat dibuat sendiri menggunakan resep berikut ini.

Martabak manis (lembut) resep baru langkah demi langkah

  1. Kemudian, campur kuning telur dengan 3 sdm gula, aduk aduk hingga gula pasir larut. Masukkan kedalam adonan yang sudah didiamkan, aduk aduk. Tambahkan BP dan BS, kemudian tambahkan sisa air. Aduk aduk hingga tercampur rata..
  2. Campur 200 ml air dengan tepung. Kemudian uleni (bisa menggunakan tangan, mixer, mixer jadul). Diamkan 10 menit, kemudian ulangi proses pengulenan. Baru kemudian diamkan min 1 jam, lebih lama lebih bagus,(saya sampai 2 jam an). Adonan ketika ditarik seperti keju mozarella.. Adonan menjadi elastis..
  3. Panaskan loyang, pastikan loyang benar2 panas. Tapi jangan gunakan api besar, cukup gunakan api sedang-besar. Ini termasuk point penting. Jangan terlalu terburu memasukkan adonan. Agar adonan mengembang, dan membentuk lubang serat yang cantik..
  4. Tuang adonan, tunggu hingga adonan muncul lubang2 seratnya, tutup martabak manis hingga benar2 matang..
  5. Angkat dan oles dengan butter/margarin. Tambahkan isian sesuai selera. Oles butter juga dikulit martabaknya..
  6. #jika adonan dirasa masih kental. Bisa tambahkan sedikit air. #jika menggunakan kuning telur, air perlu lebih banyak dibandingkan dengan yang menggunakan telur utuh. Penting agar bisa menghasilkan martabak manis yang lembut dan sedikit basah/lembab.#serat martabak manis yang bagus, akan terlihat seperti gambar… Bentuk sarangnya lebih haluss..dan seperti tidak rata….
  7. #resep ini udah paling mantap bagi saya#kalau penasaran, coba deh hunting resep martabak manis di utube, banyak tuh yang pake adonan elastis begini#saya percaya adonan elastis itu, punya pengaruh besar, pada setiap proses pembuatan makanan tertentu.#seperti yang saya ceritakan diatas, resep ini saya dapat dari seseorang yang belajar membuat martabak manis bangka/hoklopan, beliau menjelaskan panjang lebar, pentingnya adonan biang dibuat elastis seperti ini..
  8. Harusnya si martabak manis punya lubang yang seperti ini ya,, #saya sangat merekomendasikan menggunakan loyang martabak ya,#walaupun saya mencoba menggunakan teflon, yang udah berkurang fungsinya,:P susah euiii,ngatur panasnya itu loh,,,.
  9. #saya kasih tips paling mudah saat bikin martabak manis, dahulukan memasukkan air baru kemudian tepung, kocok lah agak lama, #jangan percaya kalau ada resep yang cukup aduk rata saja ya 😂😂😂😂…bikin martabak manis itu, pengocokan salah satu yang penting loh…, kalau cuma aduk aduk begitu, si tepungnya masih berasa banget…terus gak bakalan lembut hasilnya..#resep kali ini tepungnya sekitar 250 gr, airnya 300 ml.,, kocok cukup lama ya,..#ingat ya sering seringlah mengocok adonannya….
  10. #oh ya, resep kali ini, saya cukup menggunakan baking soda saja.. Hasilnya seperti digambar…😊😊😊..contoh martabak manis yang kenyal, hasilnya saat dipanggang akan mengembang ketengah..tidak bantat.., kulitnya lentur sekali tipisss….
  11. Bikin lagi… Kenyal…ini pake campuran tepung pro sedang dan tinggi….

Kini sobatdapur menghadirkan resep martabak manis teflon, semua kebaikan yang ada dimartabak manis pada umumnya dibuat oleh sobat dapur dengan menggunakan teflon. Praktis mudah dan cepat, kendati demikian resep ini tidak mengkesampingkan rasa dan tekstur martabak manis yang. Resep Martabak Bangka Manis Tebal Empuk dan Rahasia Cara Membuat Adonan Terang Bulan Perbedaan Resep Martabak Bangka Dengan Terang Bulan. Tips Cara Membuat Martabak Bangka Akhir kata selamat berkreasi di dapur dan semoga mendapatkan wawasan baru mengenai keaneka. Martabak manis atau terang bulan bisa dibilang sukses jika terlihat bersarang/berpori dan empuk/lembut saat disantap.

Check Also

Cara membuat 18.Martabak pisang simple Enak

18.Martabak pisang simple. Martabak Pisang is very famous Street Food in Southeast Asian Countries. #easyandsimple …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *