Cara Mudah bikin Martabak kentang saus cuko Lezat

  • Whatsapp

Martabak kentang saus cuko. Siapa yang tak kenal martabak telur yang sering dijual dipinggir jalan. martabak telur isi kentang sangat enak di nikmati terutama jika berteman dengan kuah. Kuah cuko adalah sajuan nikmat asal Palembang yang biasanya disajikan bersama dengan pempek. Tak hanya melulu dengan pempek, kamu bisa mengkreasikan camilan lainnya yang bisa disajikan bersama kuah cuko.

Martabak kentang saus cuko Saya juga belum mengetahui asal usulnya, mungkin seperti martabak Namun bagi yang tidak punya kuah cuko bisa juga disajikan lengkap bersama cocolan sambal kacang, saus, rawit ijo maupun mayonaise. Kedua jenis martabak ini berbeda dari segi rasa dan pembuatannya. Kentang saus bayam bukan hanya resep menu sehat untuk pengganti nasi saja. Anda bisa buat Martabak kentang saus cuko menggunakan 17 bahan dan 13 langkah. Inilah panduan bagaimana Mom melakukannya.

Bahan Martabak kentang saus cuko

  1. Siapkan Bahan Martabak kentang :.
  2. Anda Perlu 1 bungkus kulit lumpia siap jd.
  3. Siapkan Kentang yg sudah direbus atau kukus matang dipotong dadu kecil2.
  4. Anda Perlu 4 telur ayam (sisihkan 1 putih telurnya saja).
  5. Siapkan 1/2 sdt garam.
  6. Anda Perlu 1/4 sdt merica.
  7. Anda Perlu secukupnya Daun bawang (sesuai selera msg2) iris tipis.
  8. Siapkan secukupnya Bawang bombay (sesuai selera masing2) cincang kasar.
  9. Siapkan secukupnya Minyak goreng.
  10. Anda Perlu 6 siung bawang putih sudah dihaluskan.
  11. Siapkan Bahan kuah cuko :.
  12. Siapkan 15 cabe rawit hijau atau gendut merah cabe rawit sudah dihaluska.
  13. Siapkan 4 biji gula aren kecil.
  14. Siapkan 1 liter air matang.
  15. Siapkan 2 sdt ebi udang.
  16. Anda Perlu 2 sdt garam.
  17. Anda Perlu secukupnya Asam jawa matang (boleh diganti dgn cuko asam).

Salah satu nya dengan mencoba membuat Kentang Saus Bayam. Kentang sebagai pengganti nasi juga bisa menambah tenaga di pagi hari karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Lihat ide lainnya tentang Resep, Makanan, Adonan. Indonesian Food, Pudding, Food And Drink, Tableware, Desserts, Recipes, Style, Tailgate Desserts, Swag.

Martabak kentang saus cuko langkah demi langkah

  1. Cara membuat martabak kentang : Panaskan minyak goreng dgn api kecil.
  2. Kocok 3 telur+ sisa kuning telur hingga rata masukan garam merica daun bawang bawang bombay lalu masukan potongan kentang yg sudah matang aduk hingga merata semua tercampur.
  3. Kocok putih telur diwadah terpisah untuk baluran pelapis dan siapkan minyak goreng diwadah kecil untuk perekatkulit lumpia ketika mau digoreng.
  4. Siapkan kulit lumpia dipermukaan datar lalu tuangkan 1 sdt bahan yg telah dicampur (kentang+telur) lalu lipat menjadi persegi jgn lupa dikasih minyak goreng ujungnya agar mau menempel kemudian baluri diputih telur supaya tetap terjaga bentuknya.
  5. Minyak goreng sudah panas lalu goreng hingga warna kecoklatan dan matang.
  6. Setelah matang sisihkan dipiring lalu sajikan.
  7. Cara membuat kuah cuko : Didihkan air matang dgn api besar hingga mendidih.
  8. Diwadah terpisah campurkan bawang putih halus dan cabe rawit halus serta ebi halus.
  9. Setelah air mendidih masukan gula aren diamkan agar larut dgn sendirinya lalu masukan campuran bahan halus (bawang putih+cabe rawit+ebi halus) lalu masukan garam dan asam jawa matang.
  10. Biarkan didih hingga kuahnya mengental.
  11. Setelah agak mengental matikan api lalu dinginkan.
  12. Setelah kuah cuko dingin sajikan bersama dgn martabak kentang tadi yg telah digoreng.
  13. Selamat menikmati.

Kedua jenis martabak ini sama-sama disajikan dengan kuah cuko yang terasa pedas-asam. Kuah cuko dibuat dari gula merah, air asam atau cuka, air, dan Martabak mesir sebetulnya tak jauh beda. Tapi kalau anda pergi ke rumah makan khas Minang atau Sumatera, kuah cuko juga bisa langsung. kepiting saus padang merupakan salahsatu olahan berbahan kepiting yang sangat nikmat dan lezat. mau tahu cara pembuatannya? simak di sini. Resep Kuah Martabak Telor Yang Segar. Mutabak Mutabbak, Matabbak, or Mutabbaq (Arabic: مطبق‎)) is a stuffed pancake or pan-fried bread which is commonly found in the Arabian Peninsula and Southeast Asia, notably in Saudi Arabia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *