Cara bikin 27. Martabak Keju Tipis Sedap

  • Whatsapp

27. Martabak Keju Tipis.

27. Martabak Keju Tipis Anda bisa membuat 27. Martabak Keju Tipis menggunakan 12 bahan dan 9 langkah. Inilah panduan bagaimana Mom melakukannya.

Bahan 27. Martabak Keju Tipis

  1. Siapkan 125 gr Tepung Protein Tinggi.
  2. Anda Perlu 1 1/2 sdm Gula Pasir.
  3. Anda Perlu 1 sdm Susu Bubuk.
  4. Anda Perlu 1/4 sdt Garam.
  5. Anda Perlu 1/4 sdt Soda Kue.
  6. Anda Perlu 1/4 sdt Baking Powder.
  7. Anda Perlu 1/2 butir Telur.
  8. Siapkan 160 ml Air.
  9. Siapkan Sejumput Gula Pasir.
  10. Siapkan Margarin / Mentega.
  11. Anda Perlu Keju Parut.
  12. Siapkan Susu Kental Manis.

27. Martabak Keju Tipis step by step

  1. Masukan telur dan gula dalam wadah. Mixer dalam kecepatan rendah sampai warnanya pucat..
  2. Masukan terigu, susu, garam, soda kue, dan air 150ml ke dalam telur yang sudah di mixer. Aduk sebentar menggunakan whisk atau sendok sampai tercampur. Kemudian mixer dengan kecepatan rendah selama 3 menit..
  3. Cek kekentalan adonan, bila saat mixer diangkat adonan masih terasa berat tambahkan sisa air dan mixer 1 menit lagi. Bila adonan sudah mengalir saat mixer diangkat (seperti di gambar) tidak perlu ditambah air lagi. Hal ini tergantung dari seberapa besar telur yang digunakan..
  4. Tutup adonan dengan kain. Istirahatkan selama 30 menit..
  5. Setelah 30 menit, masukan baking powder. Mixer dengan kecepatan rendah selama 1 menit..
  6. Bila teflon tebal, panaskan teflon dengan api paling kecil dan langsung menempel ke sarangan kompor. Bila teflon tipis, lapisi dengan tutup biskuit kaleng dibawah teflon (seperti digambar) nyalakan apinya sedang. Bila saat teflon diciprat air berbunyi desisan dan air segera menghilang artinya teflon siap digunakan..
  7. Tuangkan adonan ke dalam teflon, miring – miringkan agar terbentuk pinggiran yang krispi. Saat mulai bergelembung taburi dengan sejumput gula pasir. (Resep ini pas jadi 1 porsi martabak tipis pakai teflon ukuran 26cm.)..
  8. Setelah semua bagian matang, matikan kompor. Angkat. Olesi permukaan dengan margarin/mentega. Beri toping favorit. Potong. Sajikan..
  9. Dalam resep saya hanya menggunakan telur setengah, bukan karena irit. Tapi agar adonan tidak kebanyakan telur, nanti hasilnya seperti dadar. Telur yang digunakan sebaiknya ukuran kecil atau sedang. Cara membagi telur menjadi setengah yaitu, pecahkan telur kocok sampai kuning dan putih telur tercampur kemudian telur dibagi dua. Atau bisa juga membuat adonan 2x lipat dari resep ini, jadi masukan telurnya utuh 1 butir. Selamat mencoba..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *