Apa Perbedaan Antara Domain dan Hosting?

Sebagian diantara kita bisa jadi masih bingung apa perbandingan antara domain name serta website hosting? Banyak diantara kita yang tidak ketahui kalau ini merupakan 2 perihal yang terpisah. Dalam artikel kali ini, aku hendak coba menarangkan perbandingan antara domain name serta website hosting.

perbandingan domain serta hosting Apa itu Domain Name?

Domain name merupakan alamat web website Kamu yang diketik orang- orang di browser buat mendatangi web website Kamu.

Dengan kata lain, bila web website Kamu merupakan suatu rumah, hingga domain name Kamu hendak jadi alamatnya.

Saat ini ayo masuk ke uraian detailnya.

Internet pada dasarnya merupakan jaringan pc raksasa yang tersambung satu sama lain lewat kabel. Buat mengenali mereka dengan gampang, tiap pc diberikan serangkaian angka yang diucap Alamat IP.

Alamat IP ini merupakan campuran angka yang dipisahkan dengan titik- titik. Umumnya, alamat IP nampak semacam ini:

66. 249. 66. 1

Pc tidak mempunyai permasalahan dalam mengenali serta mengingat angka- angka ini. Tetapi, tidak bisa jadi untuk manusia buat mengingat serta memakai angka- angka ini buat tersambung ke web website di internet.

Buat menanggulangi permasalahan ini, domain name diciptakan.

Domain name bisa mempunyai perkata yang mempermudah buat mengingat alamat web website.

Saat ini bila Kamu mau mendatangi web website di internet, Kamu tidak butuh mengetikkan serangkaian angka. Selaku gantinya, Kamu bisa mengetik domain name yang gampang diingat, misalnya, eksyam. com ataupun retnamudiasih. com

Apa itu Website Hosting?

perbandingan domain serta website hosting

Website hosting merupakan tempat di mana seluruh file web website Kamu terletak. Ini semacam rumah dari web website Kamu di mana sesungguhnya tinggal.

Metode yang sederhana buat mebayangkan tentang ini merupakan bila domain name merupakan alamat rumah Kamu, hingga website hosting merupakan rumah yang sesungguhnya yang menunjuk ke alamat. Seluruh web website di internet, memerlukan website hosting.

Baca Juga

Metode Menanggulangi Kartu Smartfren tidak dapat Nelpon& SMS tetapi dapat Internetan

Kala seorang memasukkan domain name Kamu di browser, domain name diterjemahkan ke alamat IP pc industri website hosting Kamu. Pc ini berisi file web website Kamu, serta mengirimkan file- file itu kembali ke browser pengguna.

Industri website hosting mengkhususkan diri dalam menaruh serta melayani web website. Mereka menawarkan bermacam tipe paket hosting kepada pelanggan mereka.

Gimana Domain Name serta Website Hosting Silih Terpaut?

Domain name serta website hosting merupakan 2 layanan yang berbeda. Tetapi, mereka bekerja sama buat membuat web website jadi dapat diakses.

Pada dasarnya sistem domain name semacam novel alamat besar yang terus diperbarui. Di balik tiap domain name, terdapat alamat layanan website hosting yang menaruh file web website.

Tanpa domain name, tidak bisa jadi orang menciptakan web website Kamu serta tanpa website hosting, Kamu tidak bisa membuat web website.

Apa yang di perlukan buat Membangun Web Website? Domain Name ataupun Website Hosting?

perbandingan domain serta hosting website

ilustrasi membangun web( source: wpbeginner. com)

Buat membangun web website Kamu hendak memerlukan domain name serta akun website hosting.

Membeli domain name saja cuma berikan Kamu hak buat memakai domain name tertentu buat periode tertentu( umumnya 1 tahun).

Kamu membutuhkan website hosting buat menaruh file web website Kamu. Sehabis Kamu memperoleh hosting, Kamu butuh memperbarui pengaturan domain name serta mengarahkannya ke penyedia layanan website hosting Kamu.

Kamu pula bisa membeli domain serta hosting dari industri yang sama. Umumnya domain name biayanya berkisar Rp 100. 000– 150. 000 tahun, serta website hosting umumnya berkisar Rp 15. 000 bulan( bermacam- macam bersumber pada kapasitas serta fitur).

Sehabis Kamu membeli hosting serta mendaftarkan domain name Kamu, Kamu bisa mulai membangun web website Kamu.

Baca Juga

Redirect HTTP ke HTTPS di PHP

Apakah aku wajib membelinya bersama? Ataupun bisakah aku membelinya secara terpisah?

Kamu bisa membeli domain name serta website hosting dari 2 industri yang berbeda. Tetapi, dalam perihal ini Kamu wajib menampilkan domain name Kamu ke industri website hosting Kamu dengan mengedit pengaturan DNS- nya.

Di sisi lain, bila Kamu membeli domain name serta website hosting dari industri yang sama, hingga Kamu tidak butuh mengganti pengaturan domain name. Pula lebih gampang buat mengelola serta memperbarui kedua layanan di dasar dashbord yang sama.

Bisakah Aku Memindahkan Domain Name Aku ke Industri Lain?

perbandingan domain serta hosting

ilustrasi transfer domain( source: wpbeginner. com)

Ya, dapat. Umumnya kala Kamu mendaftarkan domain name, Kamu mempunyai hak buat memakainya serta mentransfernya di mana juga Kamu mau.

Selaku contoh, katakanlah Kamu membeli domain name Kamu dari Godaddy serta membeli hosting Kamu dari Bluehost. Saat ini Kamu mau memindahkan domain name Kamu ke Bluehost, sehingga lebih gampang dikelola serta diperbarui.

Kamu bisa dengan gampang melaksanakan itu. Kedua industri mempunyai petunjuk langkah demi langkah perinci yang bisa Kamu simak buat mentransfer domain name Kamu.

Catatan: Kami menganjurkan Kamu buat menunggu paling tidak 45 hari sehabis registrasi ataupun pembaruan buat mengawali transfer. ICANN, organisasi internasional yang mengawasi domain name, memerlukan perpanjangan satu tahun tiap kali transfer dicoba. Dengan mentransfer domain name Kamu saat sebelum periode itu, Kamu bisa kehabisan bayaran perpanjangan tahun itu.

Bisakah Aku Memindahkan Web Aku ke Industri Website Hosting Lain Tanpa Mengganti Domain?

Ya, Kamu dapat melaksanakannya pula. Kamu mempunyai domain name serta bisa mengganti pengaturannya buat mengarahkannya ke industri website hosting mana juga.

Misalnya, Kamu membeli domain name serta hosting dari Godaddy, serta saat ini Kamu mau memindahkan website hosting Kamu ke Bluehost. Kamu bisa memindahkan web Kamu dari satu host ke yang lain cuma dengan mentransfer file serta informasi. Sehabis itu Kamu butuh mengedit pengaturan domain name Kamu serta memusatkan mereka ke penyedia website hosting baru Kamu.

Baca Juga

Identitas Air Minum Bermutu yang Sehat di Konsumsi

Contoh lain, Kamu membeli domain name Kamu dari WordPress. com( Amati postingan tentang perbandingan antara WordPress. com vs WordPress. org). Nanti Kamu mau pindah ke web WordPress. org yang dihosting sendiri.

Awal, Kamu wajib mendaftar buat akun hosting WordPress. Sehabis itu Kamu bisa memindahkan web Kamu dari WordPress. com ke WordPress. org Terakhir, Kamu cuma hendak mengedit pengaturan domain name Kamu di WordPress. com serta memusatkan mereka ke penyedia hosting WordPress baru Kamu.

Kami harap postingan ini menolong Kamu menekuni perbandingan antara domain name serta website hosting. Bila terdapat persoalan silahkan tinggalkan pesan dikolom pendapat.

 

Check Also

Resep: Martabak daging simple Sedap

Martabak daging simple. Sumber IG : Umi_halim Bahan-Bahan Daging ambil dari daging rawon, bisa juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *